Muhammad Rizal Sosialisasi Cegah Stunting Bersama BKKBN Di Tangerang

 Muhammad Rizal Sosialisasi Cegah Stunting Bersama BKKBN Di Tangerang

Muhammad Rizal Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Muhammad Rizal anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), telah mengadakan kegiatan sosialisasi tentang Program Bangga Kencana bersama warga masyarakat di Cipondoh, Kota Tangeran pada hari Minggu, 17 September 2023.

Kegiatan sosialisasi ini dilangsungkan di Balai Warga RW 05, Taman Elok Raya, Perumahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Para narasumber yang turut hadir dalam acara ini adalah Bapak Martin Suanta, Direktur Kesertaan KB BKKBN Pusat, Bapak Ir Rusman Effendi M.M., Kepala Perwakilan BKKBN, dan Dr. Hj. Rizky Ardiati, MKM, Kepala Puskesmas Cipondoh.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Rizal menyatakan pentingnya kegiatan sosialisasi ini bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada setiap keluarga tentang bagaimana menciptakan keluarga berkualitas.

“Peran BKKBN dalam hal ini sangat strategis untuk masa depan bangsa dan negara. Dengan demikian, kita berharap dapat melahirkan keluarga yang sehat, produktif, dan berkualitas,” kata Rizal, yang merupakan politisi PAN daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Selain itu, politisi PAN ini juga berharap bahwa kegiatan sosialisasi ini akan membantu menurunkan angka stunting di wilayah Kota Tangerang. Dia menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendidik masyarakat tentang upaya pencegahan stunting dan gaya hidup sehat.

Rizal menyatakan bahwa sosialisasi pencegahan stunting ini penting dalam mencapai visi Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045. Dia menekankan bahwa semua pihak harus berperan aktif dalam pencegahan stunting untuk memastikan generasi mendatang tumbuh dengan baik.

“Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, semua keluarga dan masyarakat kami dapat menjadi lebih proaktif dan produktif dalam menciptakan keluarga yang berkualitas. Semoga masyarakat kami menjadi sejahtera, sehat, dan bahagia,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Kesertaan KB BKKBN Pusat, Bapak Martin Suanta, menekankan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah stunting. Dia berharap bahwa pemerintah Provinsi Banten, termasuk kabupaten dan kota di dalamnya, juga akan bekerja sama dalam menangani masalah ini.

Berdasarkan data BKKBN, Pemerintah Kota Tangerang berhasil mengurangi angka stunting dari 15,3 persen pada tahun 2021 menjadi 11,8 persen pada tahun 2022, menunjukkan penurunan sebesar 3,5 persen.

“Kami berharap bahwa melalui kegiatan seperti ini, angka stunting akan terus berkurang di wilayah Banten, Kota Tangerang, dan wilayah lainnya, serta akan terwujudnya keluarga yang sejahtera di masyarakat,” tambahnya.

Kepala Perwakilan BKKBN, Bapak Ir Rusman Effendi M.M., menjelaskan bahwa stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan tinggi badan anak berada di bawah standar.

Dia menyoroti beberapa langkah pencegahan stunting yang dapat dilakukan oleh orang tua, seperti memberikan perhatian terhadap nutrisi sejak dalam kandungan, memberikan ASI eksklusif, imunisasi, dan melakukan pemeriksaan rutin di puskesmas. Selain itu, penting juga untuk memastikan akses sanitasi dan menjaga kebersihan, memberikan makanan bergizi tinggi seperti protein hewani, telur, dan sayuran, serta mengonsumsi tablet tambah darah.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 250 warga dari berbagai lapisan masyarakat yang dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Masyarakat juga meminta agar pemerintah terus mengadakan kegiatan sosialisasi serupa di masa depan.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.