Reses Di Dapil, Desy Ratnasari Hadiri Festival Pencak Silat & Gamelan

 Reses Di Dapil, Desy Ratnasari Hadiri Festival Pencak Silat & Gamelan

Fraksipan.com – Dalam rangka kunjungan masa reses DPR RI, Anggota Komisi X Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi mengadakan kegiatan bersama Deputi Bidang Produk Wisata & Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf RI di Sukabumi yang dihadiri Rizki Handayani, kamis (03/03/2022).

Kegiatan ini menggelar seni pertunjukan Pencak silat dan gamelan yang terdiri dari beberapa padepokan di Kabupaten dan Kota Sukabumi diantaranya maung lugay, tatali wargi, maung bodas panglawungan sunda gelar, serta kesenian gamelan panggugah manah.

Dalam diskusi yang berlangsung, Anggota Komisi X DPR RI ini menyampaikan bahwa pencak silat bukan hanya sebatas ilmu bela diri, namun pencak silat menjadi salah satu seni pertunjukan yang bisa berkolaborasi dengan pertunjukan seni teater. Kesenian pencak silat memiliki keragaman gaya dalam setiap gerakan, oleh karena itu setiap padepokan pencak silat dapat menampilkan pembeda agar di setiap penampilan, orang akan mengetahui ciri dari masing-masing padepokan pencak silat.

“Hal terpenting dalam sebuah pertunjukan adalah ekspresi setiap pelaku seni pertunjukan, setiap orang akan dimanjakan dengan pertunjukan mulai dari gerakan, ekspresi wajah hingga jurus-jurus yang ditampilkan oleh setiap padepokan. Oleh Karena itu perlu latihan yang kontinyu terlepas dari ada dan tidak adanya pertunjukan tetap harus terus latihan, karena pada dasarnya kesenian itu harus tetap terus kita jaga dan kita kembangkan, baik melalui event-event daerah maupun event lainnya”, jelasnya.

Disamping itu, Kemenparekraf RI juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada sanggar pencak silat dan gamelan yang terus berupaya mempertahankan kesenian di daerah. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.