Sosialisasi Empat Pilar, Desy Menekankan Filosofi Pancasila Bagi Keadilan

 Sosialisasi Empat Pilar, Desy Menekankan Filosofi Pancasila Bagi Keadilan

Fraksipan.com – Sosialisasi empat pilar kebangsaan, Anggota MPR RI Desy Ratnasari, M.Si.,M.Psi mengangkat tema Pancasila Sebagai Filosofi Keadilan Bagi Rakyat Indonesia, sebagai topik untuk memberikan pemahaman kepada peserta yang hadir pada hari ini yang merupakan perkumpulan Foksi mahasiswa-mahasiswi, Kota Sukabumi, sabtu (26/03/2022).

Pancasila sebagai filosofi rakyat Indonesia, hal ini diungkapkan Desy Ratnasari sebagai hal yang mendasar dan seharusnya tertanam di hati bangsa Indonesia.

“Tentunya kita pahami dan ketahui bersama bahwa makna keadilan dalam kehidupan bermasyarakat belum menyentuh ke semua lapisan, masih banyak hal-hal yang perlu kita perbaiki bersama agar cita-cita keadilan itu terlaksana dengan baik”, jelasnya.

Filsafat pendidikan merupakan jawaban secara kritis dan mendasar dari berbagai pertanyaan. Desy mengajak peserta yang hadir untuk berani belajar menyampaikan pendapat maupun aspirasi, mau itu dalam forum diskusi atau bahkan demonstrasi dengan cara-cara yang baik.

“Tetapi pahami materi yang akan disampaikan, lakukan kajian secara tajam”, imbuh Anggota Fraksi PAN DPR RI ini.

Desy mengatakan sebagai contoh nyata dalam bidang pendidikan, filosofi Pancasila dalam pendidikan adalah usaha untuk mendalami konsep pendidikan, dan berusaha mencari yang hakiki serta masalah yang berkaitan dengan proses pendidikan. Guru sangat perlu memahami dan tidak boleh buta terhadap filsafat pendidikan sebagai tujuan dari pendidikan yang akan bersentuhan langsung dengan tujuan dari kehidupan itu sendiri. Karena hakekatnya guru memberikan pengajaran kepada semua siswa didik, itupun harus didasari oleh keadilan bahwa setiap siswa mendapatkan hak yang sama dalam memberikan ilmu yang terbaik bagi peserta didiknya. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.